Selasa, 10 Februari 2009

Taman Cinta - Pacaran Islami

Ibnu Qayyim Al-Juziyah (atau Al-Jauziyyah) sungguh menakjubkan. Inilah yang kami
rasakan ketika membaca buku terjemahan kitab beliau, Raudhatul Muhibbiin, yang
berjudul Taman Orang-orang Jatuh Cinta, terj. Bahrun AI Zubaidi, Lc (Bandung: Irsyad
Baitus Salam, 2006).
Bagaimana tidak menakjubkan? Di buku setebal 930 halaman tersebut, orang yang jatuh
cinta ditawari “rahmat dan syafaat” (hlm. 715 dst.). Selain itu, beliau mengarahkan
pembaca untuk “menyeimbangkan dorongan hawa nafsu dan potensi akal” (hlm. 29 dst.).
Hal-hal semacam ini jarang kami temui di buku-buku percintaan yang pernah kami baca.
Memang, sebagaimana ulama-ulama besar lainnya, beliau pun menekankan “cinta kepada
Allah” dan “cinta karena Allah” (hlm. 550). Namun, beliau ternyata juga membicarakan
fenomena “pacaran islami”, suatu topik sensitif yang sering dihindari banyak ulama.
Beliau mengungkapkannya (bersama-sama dengan persoalan lain yang relevan) di subbab
“Berbagai hadits, atsar, dan riwayat yang menceritakan keutamaan memelihara
kesucian diri” dan “Cinta yang suci tetap menjadi kebanggaan” (hlm. 607-665).
Di situ, kami jumpai istilah “pacaran” muncul tujuh kali, yaitu di halaman 617, 621
(lima kali), dan 658. Adapun istilah-istilah lain yang menunjukkan keberadaan aktivitas
tersebut adalah “bercinta” (hlm. 650), “gayung bersambut” (hlm. 613), “saling
mengutarakan rasa cinta” (hlm. 620-621), “mengapeli” (hlm. 642-643), “berdekatan”
(hlm. 617), dan sebagainya.
Sekurang-kurangnya, kami jumpai ada sembilan contoh praktek pacaran islami yang
diceritakan oleh Ibnu Qayyim di situ. Dari contoh-contoh itu, dan dari keterangan beliau
di buku tersebut, kami berusaha mengenali ciri khas “pacaran islami” ala Raudhatul
Muhibbiin. Ini dia tujuh diantaranya:
1. mengutamakan akhirat
2. mencintai karena Allah
3. membutuhkan pengawasan Allah dan orang lain
4. menyimak kata-kata yang makruf
5. tidak menyentuh sang pacar
6. menjaga pandangan
7. seperti berpuasa
1) MENGUTAMAKAN AKHIRAT
Pada dua
contoh, pelaku “pacaran islami” ditawari kenikmatan duniawi (zina), tetapi
menolaknya dengan alasan ayat QS Az-Zukhruf [43]: 67, “Teman-teman akrab pada hari
[kiamat] itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain, kecuali orang-orang
yang bertaqwa.” (hlm. 616 dan 655) Maksudnya, mereka yang islam itu lebih memilih
kenikmatan ukhrawi daripada kenikmatan duniawi (ketika dua macam kenikmatan ini
bertentangan).
Adapun pada bab terakhir, Ibnu Qayyim (dengan berlandaskan QS Al-Insaan [76]: 12)
menyatakan, “Barang siapa yang mempersempit dirinya [di dunia] dengan menentang
kemauan hawa nafsu, niscaya Allah akan meluaskan kuburnya dan memberinya
keleluasaan di hari kemudian.” (hlm. 918)
2) MENCINTAI KARENA ALLAH
Pada suatu contoh, diungkapkan syair: “Sesunggguhnya aku merasa malu kepada
kekasihku bila melakukan hal yang mencurigakan; dan jika diajak untuk hal yang baik,
aku pun berbuat yang baik.” (hlm. 656)
Syair tersebut menggambarkan bahwa percintaannya “menghantarkannya untuk dapat
meraih ridha-Nya” (hlm. 550). Menghindari hal yang mencurigakan dan menerima
ajakan berbuat baik itu diridhai Dia, bukan?
Lantas, apa hubungannya dengan “cinta karena Allah”? Perhatikan:
Yang dimaksud dengan cinta karena Allah ialah hal-hal yang termasuk ke dalam
pengertian kesempurnaan cinta kepada-Nya dan berbagai tuntutannya, bukan
keharusannya. Karena sesungguhnya cinta kepada Sang Kekasih menuntut yang
bersangkutan untuk mencintai pula apa yang disukai oleh Kekasihnya dan juga mencintai
segala sesuatu yang dapat membantunya untuk dapat mencintai-Nya serta
menghantarkannya untuk dapat meraih ridha-Nya dan berdekatan dengan-Nya. (hlm.
550)
3) MEMBUTUHKAN PENGAWASAN ALLAH DAN ORANG LAIN
Pada suatu contoh, pelaku “pacaran islami” bersyair: “Aku punya Pengawas yang tidak
boleh kukhianati; dan engkau pun punya Pengawas pula” (hlm. 628).
Pada satu contoh lainnya, Muhammad bin Sirin mengabarkan bahwa “dahulu mereka,
saat melakukan pacaran, tidak pernah melakukan hal-hal yang mencurigakan. Seorang
lelaki yang mencintai wanita suatu kaum, datang dengan terus-terang kepada mereka dan
hanya berbicara dengan mereka tanpa ada suatu kemungkaran pun yang dilakukannya di
kalangan mereka” (hlm. 621).
4) MENYIMAK KATA-KATA YANG MAKRUF
Pada suatu contoh, ‘Utsman Al-Hizami mengabarkan, “Keduanya saling bertanya dan
wanita itu meminta kepada Nushaib untuk menceritakan pengalamannya dalam bentuk
bait-bait syair, maka Nushaib mengabulkan permintaannya, lalu mendendangkan bait-bait
syair untuknya.” (hlm. 620)
Pada enam contoh, para pelaku pacaran islami “saling mengutarakan rasa cintanya
masing-masing melalui bait-bait syair yang indah dan menarik” (hlm. 620-621).
Pada suatu contoh, pelaku pacaran islami mengabarkan, “Demi Tuhan yang telah
mencabut nyawanya, dia sama sekali tidak pernah mengucapkan kata-kata yang mesum
hingga kematian memisahkan antara aku dan dia.” (hlm. 628)
5) TIDAK MENYENTUH SANG PACAR
Pada suatu contoh, pelaku pacaran islami menganggap jabat tangan “sebagai perbuatan
yang tabu” (hlm. 628).
Pada dua
contoh, pelaku pacaran islami tidak pernah menyentuhkan tangannya ke tubuh
pacarnya. (hlm. 634)
Pada satu contoh lainnya, pelaku pacaran islami “berdekatan tetapi tanpa bersentuhan”
(hlm. 621).
Sementara itu, Ibnu Qayyim mengecam gaya pacaran jahili di zaman beliau. Mengutip
kata-kata Hisyam bin Hassan, “yang terjadi pada masa sekarang, mereka masih belum
puas dalam berpacaran, kecuali dengan melakukan hubungan sebadan alias bersetubuh”
(hlm. 621).
6) MENJAGA PANDANGAN
Di antara contoh-contoh itu, terdapat satu kasus (hlm. 617) yang menunjukkan bahwa si
pelaku pacaran islami “dapat melihat” kekasihnya. Akan tetapi, Ibnu Qayyim telah
mengatakan “bahwa pandangan yang dianjurkan oleh Allah SWT sebagai pandangan
yang diberi pahala kepada pelakunya adalah pandangan yang sesuai dengan perintah-
Nya, yaitu pandangan yang bertujuan untuk mengenal Tuhannya dan mencintai-Nya,
bukan pandangan ala setan” (hlm. 241).
7) SEPERTI BERPUASA
Ibnu Qayyim menyimpulkan:
Demikianlah kisah-kisah yang menggambarkan kesucian mereka dalam bercinta.
Motivasi yang mendorong mereka untuk memelihara kesuciannya paling utama ialah
mengagungkan Yang Mahaperkasa, kemudian berhasrat untuk dapat menikahi bidadari
nan cantik di negeri yang kekal (surga). Karena sesungguhnya barang siapa yang
melampiaskan kesenangannya di negeri ini untuk hal-hal yang diharamkan, maka Allah
tidak akan memberinya kenikmatan bidadari nan cantik di negeri sana…. (hlm. 650)
Oleh karena itu, hendaklah seorang hamba bersikap waspada dalam memilih salah satu di
antara dua kenikmatan [seksual] itu bagi dirinya dan tiada jalan lain baginya kecuali
harus merasa puas dengan salah satunya, karena sesungguhnya Allah tidak akan
menjadikan bagi orang yang menghabiskan semua kesenangan dan kenikmatan dirinya
dalam kehidupan dunia ini, seperti orang yang berpuasa dan menahan diri darinya buat
nanti pada hari berbukanya saat meninggalkan dunia ini manakala dia bersua dengan
Allah SWT. (hlm. 650-651)
Begitulah tujuh ciri khas pacaran islami ala Raudhatul Muhibbiin dalam pandangan kami.
Bagaimana dengan Anda? Tolonglah beritahu kami apa saja ciri khas pacaran islami ala
Raudhatul Muhibbiin dalam pandangan Anda!

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Energy News. Powered by Blogger